Health

Menkes Budi Sadikin Dukung Prestasi Anak Bangsa, Urologi Indonesia Sukses Lakukan Tindakan Operasi Telerobotik Pertama

puanpertiwi.com – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menghadiri momentum live telerobotic surgery (operasi telerobotik) dari tim dokter RS I.G.N.G. Ngoerah Bali kepada pasien yang berada di RSCM Jakarta Pusat (1.200 KM), Jumat, 30 Agustus 2024.

Menkes Budi Sadikin mengaku kagum dengan hadirnya telerobotic surgery yang bisa mempermudah tindakan bedah di Indonesia.

“Saya kagum dengan niatnya teman-teman di urologi untuk bisa memulai telerobotic surgery ini,” kata Menkes Budi Sadikin di RSCM Jakarta Pusat, Jumat 30 Agustus 2024.

Menurutnya, ini merupakan kemajuan untuk teknologi kesehatan di Indonesia, di mana ke depannya operasi telerobotik diharapkan mengatasi berbagai keterbatasan yang ada di bidang bedah, dan termasuk pertama kalinya di Asia Tenggara.

Menkes Budi Sadikin juga berharap, dengan hadirnya teknologi telerobotic surgery di Indonesia, dapat mengembangkan industri kesehatan di Tanah Air. Sehingga mampu menghadirkan pasien dari luar negeri yang sengaja berobat ke Indonesia.

“Dan memang luar biasa lah perkembangan ini. Nanti orang-orang Malaysia sama Singapura datang ke sini (untuk berobat). Karena kita murah, cepat dan kualitasnya bagus,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasi, Menkes Budi Sadikin juga menjanjikan akan memberikan beberapa unit robot lainnya untuk mengembangkan telerobotic surgery ini di berbagai rumah sakit.

“Aku udah janji mau kasih empat, satu di RSCM, satu di RS Hasan Sadikin (Bandung), satu lagi di Ngoerah (Bali). Kenapa tiga ini? Karena tiga itu yang pertama kali punya ide. Boleh lah kita hargai,” ungkap Menkes Budi.

Pada kesempatan yang sama, dr. Supriyanto Sp.B, FINACS, M.Kes, Direktur Utama RSCM mengatakan, bahwa sesuai dengan komitmen RSCM, pihaknya akan selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk pasien sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup mereka.

Salah satu bentuk konkritnya adalah menghadirkan teknologi terkini yang bisa mempercepat kesembuhan pasien seperti prosedur operasi telerobotik ini.

“Kami sangat berharap teknologi ini bisa segera diaplikasikan untuk pemerataan tingkat kesehatan di seluruh Indonesia,” kata dr. Supriyanto.

Sementara, dr. I Wayan Sudana, M.Kes, Direktur Utama RS I. G. N. G. Ngoerah juga menyatakan, RS Ngoerah selalu mendukung upaya pengadaan teknologi kesehatan, termasuk operasi telerobotik ini.

“Kami turut bangga bisa menjadi bagian dari operasi telerobotik pertama yang dilakukan secara mandiri di Indonesia. Kami juga siap untuk menjadi pusat pelayanan kesehatan, terutama untuk bidang urologi di Indonesia bagian timur. Ke depannya, kami akan selalu beradaptasi dengan teknologi terkini,” ungkap dr. I Wayan Sudana.

Untuk diketahui, operasi telerobotik, sebuah metode bedah jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi robotik dan jaringan nirkabel, akan memungkinkan dokter bedah untuk melakukan tindakan operasi terhadap pasien secara jarak jauh dan real-time, termasuk untuk kasus-kasus urologi, bedah digestif, dan lain-lain.

Dengan demikian teknologi ini akan mengatasi beberapa permasalahan, khususnya kendala geografis, sehingga layanan kesehatan ke depannya bisa diberikan secara merata ke tempat-tempat jauh atau yang aksesnya sulit.

Namun sebelum itu terwujud, tentunya dibutuhkan kepercayaan yang besar dari masyarakat akan manfaat dan keberhasilan bedah telerobotik ini sehingga perlu adanya edukasi secara terus menerus.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Human Capital Management Telkomsel, Indrawan Ditapradana, mewakili Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menegaskan bahwa kolaborasi ini selaras dengan visi dan misi Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional melalui penyediaan konektivitas, layanan, dan solusi yang inovatif dan unggul.

Terinspirasi dari semangat Indonesia untuk terus menghadirkan kemajuan, sejak 2021 Telkomsel telah menggelar jaringan 5G terluas secara signifikan.

Mencakup lebih dari 1.000 titik di 56 kota di Indonesia secara bertahap, terukur sangat rendah telah mendukung pelaksanaan uji coba telerobotic surgery pertama di Indonesia pada Mei 2023 lalu hingga mengantarkan Telkomsel meraih penghargaan dari Global TD-LTE Initiative (GTI) Awards 2024 untuk Kategori Innovative 5G Service and Application.

Kali ini Telkomsel kembali mendukung pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI bersama UAA dan stakeholder terkait melakukan operasi bedah jarak jauh terhadap pasien dengan memanfaatkan teknologi broadband terdepan.

Solusi ini diharapkan mampu mengatasi kendala akses dan kualitas layanan kesehatan di daerah yang jauh dan memiliki tantangan geografis, membuka peluang transformasi digital sebagai kunci kemajuan bangsa.

Di sisi lain, Prof. dr. Ponco Birowo, SpU(K-Andro), PhD, Ketua Kongres UAA 2024 dan Ketua tim Telerobotik, menyatakan, bahwa momentum live telerobotic surgery (operasi telerobotik) ini merupakan momen bersejarah untuk dunia kedokteran di Indonesia.

Dimana ini merupakan telerobotic surgery pertama yang dilakukan secara mandiri oleh anak bangsa kepada pasien yang juga di Indonesia.

“Kami sebelumnya sudah melakukan 2 operasi dengan teknologi robotik di RSCM Kencana, dan hari ini kami melakukan operasi jarak jauh yang pertama di mana operator berada di RS I. G. N. G. Ngoerah sedangkan pasien berada di RSCM,” kata Prof. Ponco.

la menjelaskan, sebelum melakukan tindakan operasi telerobotik pada pasien, para ahli urologi tersebut telah melakukan uji coba dengan menggunakan alat peraga/manekin untuk memastikan keamanan pasien.

“Tentunya pada persiapan yang telah kami lakukan, kami juga menyiapkan antisipasi untuk kejadian yang tidak diinginkan, termasuk bila harus terjadi konversi tindakan dari telerobotic menjadi laparaskopi. Kami tentu akan berfokus pada keselamatan pasien,” tambahnya.

Prof. Ponco juga mengatakan, syarat utama dari operasi telerobotik adalah latency time kurang dari 150 mS, kecepatan internet diatas 50mbps dan jitter < 10 mS.

Prof. dr. Chaidir A. Mochtar, SpU(K-Onk), Ph.D, Ketua Kolegium Urologi Indonesia turut menjelaskan, penyakit urologi memang perlu mendapat perhatian dan penanganannya harus terus mengikuti perkembangan teknologi.

Seperti pada urolithiasis (batu kantung kemih), yang mana jumlah kasus, disability-adjusted life years (DALYs) dan kematiannya terus meningkat secara global sejak tahun 1990.

Di Indonesia, Global Cancer Statistics menunjukkan bahwa kanker prostat adalah kanker kelima yang paling umum terjadi pada pria di Indonesia, dengan jumlah kasus baru sebanyak 13.563 pada tahun 2020.

Lalu, untuk penyakit kanker ginjal, terdapat 2.394 kasus baru kanker ginjal dan 1.358 kematian pada tahun 2020.

Prof. Chaidir juga mengatakan, saat ini banyak dokter tengah menjalani pelatihan untuk menguasai penggunaan robot sebagai simulasi dalam teknologi telerobotic surgery.

“Diharapkan kehadiran teknologi telerobotik ini bisa jadi solusi untuk permasalahan urologi. Kami selalu memiliki harapan besar agar ke depannya Indonesia mampu menjalankan bedah telerobotik secara mandiri, dan hari ini menjadi pembuktiannya,” tambahnya.

Dr. dr. Ferry Safriadi, SpU(K), FICS, Ketua Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI) menjelaskan, bahwa telerobotic surgery, secara khusus, akan mampu membawa Indonesia pada pelayanan kesehatan yang merata.

Data terakhir yang kami miliki, terdapat 701 spesialis dan 132 konsultan/subspesialis.

Namun secara geografis, persebarannya belum merata dan beberapa daerah terpencil bahkan tidak memiliki urolog sama sekali.

Persebarannya masih terpusat di pulau Jawa, yaitu mencapai setengah dari jumlah keseluruhan spesialis tersebut, ataupun kota-kota besar lainnya. Padahal, pasien urologi juga banyak di daerah terpencil.

la kembali menjelaskan, bahkan di daerah terpencil kerap ditemukan kasus urologi yang parah.

Dr. Ferry juga mengungkapkan, hal yang kerap ditemui pada meja praktek adalah masyarakat cenderung abai, dan bahkan enggan memeriksakan diri karena takut didiagnosa penyakit tertentu.

“Apalagi mereka yang di wilayah terpencil yang bahkan jarang terpapar edukasi tentang pentingnya memeriksakan diri jika mengalami gejala-gejala penyakit urologi. Sehingga tidak jarang saat dirujuk ke RS yang lebih besar, kasusnya sudah menjadi parah. Mereka pun butuh daya dan usaha untuk menempuh perjalanan,” ungkapnya.

“Bayangkan jika telerobotic surgery sudah tersebar dengan baik, tentu masalah seperti ini bisa teratasi,” tambah Dr. Ferry.

Pada kesempatan yang sama, Prof. dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU(K-Onk), FICRS, PhD, Ketua Ilmiah Kongres UAA 2024 dan Ketua Robomedisia (Perkumpulan Robotik Medik Indonesia) menyatakan, bahwa telerobotic surgery sendiri akan membawa keuntungan bagi dokter maupun pasien, karena selain memampukan pemerataan layanan kesehatan dan kualitas RS di seluruh Indonesia bahkan di wilayah terpencil.

Menurutnya, teknologi ini juga memungkinkan kolaborasi dokter dari berbagai spesialistik secara sekaligus, meningkatkan akurasi operasi, mengurangi risiko infeksi, serta meminimalisir perpindahan pasien karena mereka tidak perlu lagi menempuh jarak jauh untuk melakukan operasi.

Sehingga ke depannya, teknologi ini akan mampu meningkatkan pelayanan bagi pasien penyakit Urologi di wilayah Asia, khususnya di Indonesia.

“Secara teknis, pada telerobotic surgery terdapat dua komponen utama, yaitu robotic arm (lengan robot) dan surgeon’s console, yaitu alat pusat kendali yang akan dioperasikan secara langsung oleh dokter bedah,” jelas Prof. Rizal.

Prof. Rizal menambahkan, pada pusat kendali tersebut terdapat layar untuk melihat bidang bedahnya secara 3D.

Dua komponen ini dihubungkan oleh kabel fiber optik. Dengan penggunaan jaringan yang baik dan cepat (internet 5G), perintah dari console dapat dikerjakan oleh lengan robot di waktu yang hampir bersamaan meskipun jaraknya terlampau sangat jauh.

Prof. Rizal kembali menjelaskan, bahwa dalam aplikasi di bidang urologi, bedah robotik telah digunakan untuk melakukan operasi prostatektomi radikal dalam penanganan kanker prostat.

Selain itu, bedah robotik juga dapat digunakan untuk laparoskopi nefrektomi radikal. Bedah robotik kini telah berkembang, sehingga bisa dilakukan secara jarak jauh seperti saat ini.

Harapannya, bedah robotik dan telerobotik di masa depan dapat diimplementasikan di berbagai rumah sakit, dengan mengikuti perkembangan sistem robotik dari berbagai negara seperti USA, China, India, Jepang, dan Korea Selatan.

Saat ini, pembangunan Pusat Bedah Robotik Indonesia sudah mencapai tahap di mana telah disusun Kurikulum Pelatihan Virtual Reality (VR) Simulator Robotic Telesurgery.

Banyak dokter bedah tengah menjalani pelatihan untuk menguasai penggunaan robot sebagai simulasi dalam teknologi telerobotic surgery.

Dengan didirikannya Pusat Bedah Robotik Indonesia, juga ditambah dengan diadakannya kongres UAA Bali 2024 yang akan dihadiri oleh beberapa dokter berpengalaman dalam bedah telerobotik, diharapkan para ahli urologi di Indonesia bisa terus belajar dan berbagi ilmu sehingga teknologi ini bisa terus berkembang dan meluas di Indonesia.

“Tentunya, proyek ini membutuhkan dukungan sangat besar terutama dari stakeholders, termasuk di dalamnya Pemerintah, RS, para dokter, BUMN, Universitas, dan lain sebagainya,” himbau Prof. Rizal.

Prof. Dr. dr. Gede Wirya Kusuma Duarsa, M.Kes, MARS, SpU(K-Ped), FICS, Wakil Ketua Kongres UAA 2024 menjelaskan, bahwa Telerobotic surgery menjadi harapan baru bagi dunia kedokteran Indonesia, khususnya untuk bidang urologi.

“Memang masih banyak tantangan yang perlu kita hadapi, beberapa di antaranya seperti kebutuhan jumlah dokter yang mampu mengoperasikan telerobotik, cost yang besar untuk pengadaan alat serta jaringan 5G yang tanpa hambatan, hingga regulasi-regulasi ke depannya terkait bagaimana prosedur pasien hingga dilakukan telerobotic surgery dan apakah prosedur ini ke depannya bisa ter-cover BPJS,” kata Prof. Gede.

Prof. Gede manambahkan, dalam hal ini para dokter yang terlibat juga, tentu tengah berjuang agar mendapatkan solusi terbaik.

Terkait hal-hal yang menyangkut telerobotic surgery ini juga akan dibahas pada kongres UAA Bali 2024.

Kongres Urological Association of Asia (UAA) akan diadakan di Indonesia pada 5-8 September 2024 mendatang.

Kongres yang merupakan puncak pertemuan urologi di Asia ini akan dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan akan dihadiri sekitar 3.000 ahli urologi dari 60 negara, terutama di Asia, akan mengikutinya.

UAA dan Indonesian Urological Association (InaUA) bertindak sebagai tuan rumah kongres, yang tahun ini mengangkat tema ‘Integrating Urological Frontiers: Transformative Innovation Meets Global Collaboration’.

Prof. Gede menambahkan, Kongres UAA Bali 2024 ini menghadirkan kolaborasi dengan organisasi urologi besar dari berbagai negara, sehingga diharapkan dapat menjadi ajang pertukaran ilmu dan inovasi antara ahli urologi di seluruh dunia.

Kongres ini akan membahas beberapa materi seperti uro-onkologi, androurologi, urologi rekonstruksi, endourologi, neurourologi, urologi pediatrik, dan urologi wanita.

Selain itu, salah satu yang menjadi highlight-nya adalah pemaparan kemajuan teknologi bedah robotik yang paling mutakhir.

“Ke depannya, diharapkan prosedur ini akan bisa diaplikasikan sehingga akan banyak orang yang tertolong dan kualitas hidup pun meningkat,” tutup Prof. Gede.

Penulis: Dwi Kartika Sari

Tags : featured

Leave a Response