PUANPERTIWI
BeautyFashion

Lahirkan Bibit Baru, Wardah Kembali Gelar Inspiring Young Designer Competition 2019

Jakarta, puanpertiwi.com- Salah satu hal terpenting dalam perkembangan industri mode tanah air adalah keberlanjutan dan regenerasi desainer. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai program seperti kompetisi perancang pemula yang mendorong desainer muda untuk berinovasi. Untuk keempat kalinya dibawah program Wardah Fashion Journey, Wardah kembali menggelar kompetisi dan ajang pencarian bakat desainer muda yaitu Wardah Inspiring Young Designer Competition (WIYDC) 2019.

Sejak digelar pertama kali pada tahun 2016, secara konsisten setiap tahunnya Wardah menyelenggarakan kompetisi dan pencarian desainer muda berbakat Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah kreativitas dan pengembangan kepada generasi muda yang memiliki minat dan bakat terhadap mode.

Putri Diah Paramita, Chief Marketing Officer PT Paragon Technology Innovation menyampaikan “Memasuki tahun keempat terselenggaranya WIYDC, kegiatan ini mendapatkan respon positif dan antusiasme yang tinggi. Terbukti dengan lebih dari 360 sketsa desain yang terkumpul dari berbagai kota di Indonesia. Sebagai brand kosmetik salah satu fokus pilar kami adalah berkontribusi dalam mendukung industri mode dan termasuk desainernya. Kami ingin ajang ini dapat mengasah kemampuan generasi muda dan meningkatkan kreativitas mereka untuk menciptakan sebuah karya. Disamping itu melalui pengembangan, pelatihan, dan mentoring WIYDC juga mengarahkan dan mempersiapkan peserta kompetisi untuk memiliki modal yang kuat menjadi seorang fashionpreneur”.

WIYDC 2019 mengusung tema “Urban Identity” yang terinspirasi dari nilai-nilai dan karakteristik sebuah perkotaan, baik dari sisi lingkungan maupun keseimbangan hidup. Peserta diberikan keleluasan untuk menginterpretasikan sebuah koleksi busana modest wear yang sejalan dengan identitas, mobilisasi, dan transformasi perkotaan. Tema ini juga mengajak peserta untuk menciptakan garis rancangan yang contemporary, everyday clothing, edgy dan youthful untuk di segmen wanita aktif dan profesional.

Tema ini juga sejalan dengan konsep dari lini produk premium Wardah yaitu Instaperfect “All Day Perfection for Your Unstoppable Move” rangkaian produk tersebut dibuat untuk menjawab kebutuhan perempuan akan makeup yang efisien dan praktis, tetapi tetap dapat membuat mereka tampil sempurna sepanjang hari. Instaperfect diperuntukan bagi perempuan aktif, dinamis, progresif, modern, mereka yang memiliki mobilitas tinggi perempuan yang memiliki semangat positif untuk berkarya.

Dimulai pada 22 Juli – 30 Agustus 2019 WIYDC telah melalukan sosialisasi melalui seminar singkat kepada mahasiswa tentang perkembangan industri mode seta pembekalan mengenai dunia bisnis mode digital dan bagaimana mempersiapkan diri untuk menjadi seorang fashionpreneur. Beberapa sekolah mode dan kampus di 4 kota tersebut adalah; Denpasar (Institut Seni Indonesia Denpasar & New Media College), Surabaya (Arva School of Fashion & LaSalle College), Yogyakarta (LPK Adana), dan Jakarta (Universitas Negeri Jakarta & Phalie Studio).

Tahapan WIYDC 2019 dimulai dari proses pendaftaran seleksi sketsa dan konsep desain (22 Juli 2019 – 30 Agustus 2019). Kemudian akan dipilih 20 semifinalis untuk melakukan presentasi konsep dan desain di hadapan dewan juri, yang telah dilakukan pada 10 September 2019 dan dilanjutkan dengan sesi mentoring dan coaching untuk menambah pengetahuan dan keterampilan peserta terkait dengan teknik jahit dan potong, pengolahan bahan, warna, hingga tips dan trik dalam memulai bisnis. Hingga akhirnya dipilih 8 finalis dan akan melakukan presentasi hasil final dihadapan dewan juri pada 18 Oktober 2019. Kedelapan finalis mendapatkan kesempatan untuk memperagakan 2 hasil karya mereka di panggung JFW 2020.

Bersama dengan dewan juri yang terlibat yaitu Barli Asmara dan Restu Anggraini (desainer mode), Bimo Permadi (fashion stylist), Shabrina Salsabila (brand manager Wardah), dan Perwakilan dari Lazada selaku Official E-Commerce Partner WIYDC 2019 akan memilih 4 pemenang.  Pemenang WIYDC 2019 mendapatkan hadiah uang tunai; Pemenang utama (20 juta), Runner up 1 (15 juta), Runner up 2 (10 juta), dan Runner up 3 (7,5 juta).

Kriteria penilaian berdasarkan 7 kategori yaitu ide & konsep desain, daya pakai, daya jual, pengetahuan desain, pengetahuan teknis, dan estetika.

  • Ide & Konsep Desain (Creativity) 35%
  • Daya Pakai (Wearbility) 15%
  • Daya Jual (Salability) 15%
  • Pengetahuan Kreatif, Mode, Desain, Warna, Ilustrasi (Competency) 10%
  • Pengetahuan Teknis, Bahan, Biaya (Technique) 10%
  • Estetika Produk / Nilai Artistik (Esthetics) 10%

Setelah melalui proses seleksi panjang, WIYDC 2019 mengumumkan keempat pemenang dalam panggung mode JFW 2019. Keempat pemenang ini adalah

Prafitra Viniani (Winner)

Sherlyta Puspa Lestari (Runner Up 1)

Amanda Dwi Putri (Runner Up 2)

dan Amelinda Alysia Anette (Runner Up 3)

“Melalui program WIYDC yang Wardah lakukan dapat memberikan pengalaman kompetisi yang berharga bagi mereka, menstimulasi desainer muda untuk terus mengasah kemampuan, mengeksplorasi diri. Kami berharap 10 tahun kemudian mereka-mereka dapat menciptakan inovasi dan siap untuk menjadi bagian dari kemajuan industri mode Indonesia” tutup Putri Diah Paramita, Chief Marketing Officer PT Paragon Technology Innovation.

Reporter: Zakiya

Leave a Response