Culture

Resmikan 100 RPTRA Dan Pasukan Pink, Djarot Wariskan Sistem Nilai

Jakarta, puanpertiwi.com- Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat meresmikan 100 Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) yang tersebar diseluruh wilayah Jakarta. Acara tersebut dilangsungkan di kawasan Monumen Nasional, Jakarta pada Selasa, (10/10/17).

100 RPTRA ini tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta antara lain, 15 di Jakarta Pusat, 20 di Jakarta Utara, 20 di Jakarta Barat, 20 di Jakarta Timur, 20 di Jakarta Selatan, dan 5 di Kep. Seribu. Jadi total RPTRA yang dibangun dari 2016-2017 mencapai 223 RPTRA.

Biaya pembangunan 100 RPTRA mencapai 152 Miliar lebih yang didapat dari dana APBD DKI Jakarta. Rencana pembangunan 100 RPTRA ini dimulai sejak 5 Juli – 3 Desember 2017, namun Djarot ingin pembangunan digenjot sehingga dapat diresmikan dan mulai difungsikan awal Oktober ini.


Peresmian RPTRA menggunakan teknologi canggih dengan melakukan live streaming dari 6 wilayah di Jakarta yakni Jakarta Pusat, Utara, Barat, Timur, Selatan dan Kep.Seribu. Djarot menyapa satu persatu para Camat dari 6 wilayah tersebut. para Camat melaporkan kesiapan RPTRA dan tanggapan masyarakat sekitar.

Selain meresmikan RPTRA, dalam acara tersebut Djarot mengukuhkan pasukan warna baru yakni pink. Dengan adanya pasukan pink maka Jakarta mempunyai pasukan lengkap yang diberi nama pasukan pelangi. Tugas pasukan pink adalah menjaga dan mengelola RPTRA yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Gubernur Djarot memberikan ucapan terimakasih untuk seluruh pasukan pelangi yakni pasukan orange, biru, ungu, hijau, merah dan pink yang telah berkontribusi untuk membangun Jakarta.

“Jakarta tak bisa dibangun sendiri. Jakarta harus dibangun dari selurh komponen. Hingga jakarta terbebas dari praktik korupsi dan pungli” tutur Djarot.

Djarot juga menambahkan bahwa ia tak ingin hanya mewarisi bangunan secara fisik, tapi lebih menekankan warisan sistem nilai. Sistem nilai yang ditumbuhkan di masyarakat tentang masalah kejujuran, toleransi, saling memahami, bergotong royong dan saling perduli. Sistem inilah yang akan ia tanamkan melalui RPTRA.

Reporter: Zacky

Leave a Response